Bali Disiapkan Sebagai Pilot Project Net Zero Emission

Provinsi Bali disiapkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi satu satunya provinsi percontohan proyek kerjasama Indonesia dengan Amerika Serikat berkenaan dengan program Net Zero Emission Tahun 2045. Program ini merupakan upaya dunia untuk menurunkan tingkat polusi karbondioksida di udara yang disebabkan berbagai aktivitas manusia yang bersumber dari kegiatan pertanian, perikanan dan peternakan, konsumsi energi, sampah, masalah kerusakan hutan dan sebagainya. 

Demikian terungkap dalam FGD yang dilaksanakan secara virtual dengan tema Net Zero Emission yang dilaksanakan Kemenko Maritim dan Investasi dengan narasumber dari IESR, PT PLN Persero, Kementerian PPN/Bappenas dan Kepala Bappeda Bali yang diwakili oleh Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Ekapria Dharana Kubontubuh, Senin, 23 Agustus 2021. 

Disebutkan bahwa berbagai aktivitas kehidupan masyarakat Bali saat ini telah menyumbang terhadap semakin meningkatnya emisi gas buang terutama karbondioksida di udara. Salah satu sumber utama emisi itu adalah konsumsi energi yang disebabkan oleh rumah tangga, transportasi dan pariwisata. Lebih spesifik lagi sumber emisi itu adalah polusi CO2 yang berasal dari pembangkit listrik dan kendaraan. Untuk itu, salah satu skenario penurunan emisi menuju Bali bersih dengan nol emisi gas buang adalah dengan mengurangi polusi dari kedua sumber, pembangkit listrik dan kendaraan. 

Ekapria memaparkan, Bali telah menyusun peta jalan dan rencana aksi untuk menuju hal itu. Namun, peta jalan itu tersusun hingga tahun 2030. Setiap tahun Pemprov telah menargetkan penurunan gas buang sampai akhir 2030 sekitar  17 persen. Beberapa langkah telah dilakukan, mulai dari kebijakan dalam bentuk Perda, Pergub dan Keputusan Gubernur, program-program pembangunan ramah lingkungan dan ekonomi rendah karbon, serta kegiatan peduli lingkungan lainnya mengacu pada visi dan misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali berpijak pada konsep Tri Hita Karana telah lama dilaksanakan Pemprov Bali.  Salah satu contohnya adalah peningkatan kendaraan listrik, pengelolaan sampah berbasis sumber, serta kebijakan mengenai Ekonomi Bali Hijau. Karena itu, Bali siap untuk dijadikan percontohan. (Dewa Rai Anom РPrahum). *Ket foto: Penlejasan PT PLN saat test drive Kendaraan Bermotor Listrik beberapa waktu lalu.